MAKEUP RIAS PANGGILAN

Acara Adat pada Pernikahan Pangantin Jawa

 Indonesia memiliki kebudayaan suku bangsa yang beraneka ragam. Dari keanekaragaman kebudayaan itu, maka kita dapat mengambil manfaat yang besar dari berbagai sektor komoditi. Contohnya saja dari segi industry pariwisata, terbukti telah banyak menghasilkan devisa dengan menarik para wisatawan mancanegara.

Budaya merupakan kekayaan Indonesia yang tak ternilai dan harus dilestarikan. Untuk itu peran dari masyarakat sangat diperlukan untuk melestarikannya. Kita dapat melakukannya upaya pelestarian dalam hal kecil, contohnya seperti dalam penyelenggaraan pesta pernikahan. Bila kita menyelenggarakan pesta pernikahan adat dengan mengambil 1 atau lebih unsur adat saja, maka kita sudah berperan dalam pelestarian budaya.

Dalam acara pesta pernikahan, masing-masing daerah suku di Indonesia memiliki adat istiadat kebudayaan dengan daya tarik tersendiri. Dalam rentetan acara pernikahan yang ditentukan, terdapat ketentuan adat yang dipercaya memiliki makna kebaikan bagi pengantinnya.

Begitu pula dalam acara pernikahan adat pengantin Jawa, begitu banyak rentetan acara adatnya. Untuk mengikuti seluruh rangkaian acara adat jawa memang akan panjang dan membutuhkan waktu dan biaya.

Untuk itu kebanyakan pengantin jawa yang sudah tinggal di Jakarta, mengambil acara adat yang penting saja dan dianggap sudah dapat mewakili pakem pernikahan kebudayaan jawa.
Rangkaian acara adat pernikahan jawa itu adalah :

Siraman
Midodareni
Panggih

Memang untuk mengadakan rangkaian acara ini, calon pengantin harus mengeluarkan biaya lebih. Selain penyelenggaraannya membutuhkan sarana dan prasarana, acara juga membutuhkan jadwal hari yang berbeda, yang membuat konsumsi juga bertambah.

Namun acara adat bukanlah suatu keharusan dalam pesta pernikahan. Pengantin sekeluarga sudah dapat berperan melestarikan budaya, hanya dengan menggunakan busana maupun aksesories yang disediakan perias, maka pengantin sudah dapat tampil sebagai pengantin adat dengan nuansa tradisionalnya

GRIYA RIAS GITA 
Call: 081315119113
WA: 081380196990
Jl. Condet Raya Gg.Asam/Gg.Kekeran Rt.02/04 No. 35 Condet Batuampar Kramatjati Jakarta Timur

Popular posts from this blog

Harga mulai 1.000.000 Paket Makeup Rias Pengantin 2023

Mengatur Jadwal Tata Rias Pengantin Dari Akad ke Resepsi.

HARGA PAKET MAKEUP SANGGUL RIAS PENGANTIN BATAK DI JAKARTA BOGOR